Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya

  • Whatsapp

Jabatan Fungsional Dosen adalah Kedudukan yang menunjukan tugas, wewenang dan hak seorang dosen dalam suatu pendidikan tinggi di dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan bidang keahlian dan bersifat mandiri.

Jabatan Fungsional Dosen merupakan jabatan keahlian dengan jenjang tingkatan dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi, terdiri dari Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Profesor.

Jenjang Jabatan Fungsional Dosen Dan Pangkat / Golongan Ruang Beserta Jumlah Kum (Lama) N0. Jabatan Fungsional Dosen. Jumlah Kum. Pangkat dan Golongan Ruang Asisten Ahli Madya. Asisten Ahli. Lektor Muda. Lektor Madya. Lektor. Lektor Kepala Madya. Lektor Kepala. Guru Besar Madya. Guru Besar Penata Muda, III/a. Penata Muda Tk. I , III/b. Penata, III/c. Penata Tk. I, III/d. Pembina, IV/a. Pembina Tk. I, IV/b. Pembina Utama Muda, IV/c. Pembina Utama Madya, IV/d. Pembina Utama, IV/e.

Baca Juga : https://syntax.co.id/pengertian-jabatan-fungsional/

Untuk mengajukan kenaikan, setiap dosen memiliki wewenang dan tanggung jawab dalam pelaksanaan Pengajaran (Bidang A), pelaksanaan Penelitian (Bidang B) dan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (Bisang C) .

Angka Kredit

Angka Kredit adalah suatu nilai tiap butir kegiatan dan atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus di capai oleh dosen dalam rangka pembinaan karier yang bersangkutan hal ini telah tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 1994.

memperoleh angka kredit harus memenuhi ketentuan jumlah kumulatif dan unsur penyusunnya. jumlah kumulatif semakin tinggi jabatan semakin tinggi pula jumlah angka kredit kumulatif yang di syaratkan.

ketentuan jumlah kumulatif angka kredit minimal untuk setiap jabatan seperti berikut:

  • Asisten Ahli (Penata Muda Tingkat 1) = 150
  • Lektor (Penata) = 200
    (Penata Tingkat 1) = 300
  • Lektor Kepala (Pembina) = 400
    (Pembina Tingkat 1) = 550
    (Pembina Utama Muda)= 700
  • Guru Besar (Pembina Utama Madya) = 850
    (Pembina Utama) = 1050

New Artikel : https://karirsdm.com/blog/perhitungan-kum-jurnal-sesuai-peraturan-po-pak-terbaru/

Penutup

Sekian Artikel kali ini Semoga Bermanfaat….

Pos terkait