Pendampingan Jabatan Fungsional Dosen

  • Whatsapp

Dosen mengajar di sebuah perguruan tinggi berkesempatan untuk mengusulkan jenjang jabatan fungsional dosen yang lebih tinggi. Apa saja sih syarat untuk pendampingan jabatan fungsional dosen? mari kita simak artikel di bawah ini untuk mengetahui pendampingan jabatan fungsional dosen.

Mencapai setiap jenjang jabatan fungsional dosen adalah hal yang sangat penting, karena untuk mencapai jabatan fungsional dosen itu tidak mudah.

Bacaan Lainnya

Usulan jabatan akademik memerlukan beberapa usaha karena banyaknya persyaratan. Oleh karena itu anda harus mempersiapkannya dari sekarang.

Jabatan akademik tidak hanya memperoleh tunjangan tambahan melainkan untuk kewajiban dosen selama menjabat posisi tersebut.

Sebab itu sangat penting untuk mengetahui apa itu jabatan fungsional dosen sebelum anda mengajukan jabatan fungsional.

Baca Juga Artikel Lainya di : Karirsdm.com

Pada dasarnya jabatan fungsional memiliki fungsi yang sangat penting bagi dosen agar dalam pelaksanaannya bisa terealisasikan.

Jabatan fungsional juga dapat diartikan sebagai sebuah kedudukan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab hak seorang dosen dalam lingkungan akademik.

kira-kira syarat apa saja sih untuk kenaikan pangkat jabatan akademik dosen asisten ahli.

Syarat-syarat kenaikan jabatan akdemik dosen asisten ahli

Syarat untuk mengajukan jabatan fungsional akademik dosen asisten ahli

Mekanisme persyaratan untuk jabatan fungsional ke LLDIKTI, adapun berkas yang harus disiapkan untuk peroses pengajuan yaitu :

  1. Surat pengantar PTS
  2. Ijazah lengkap mulai dari S1,S2, dan S3 lengkap dengan transkip nilai dan berlegalisir
  3. Berita acara pertimbangan senat dan daftar hadir senat
  4. Daftar usul penetapan angka kredit dupak yang sudah di sesuaikan dengan versi terbaru

Selain syarat-syarat  tadi adapun dosen yang mengajukan jabatan akademik harus mempersiapkan 4 bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu :

  1. Siapkan sk mengajar, absen dosen dan mahasiswa,  Ijazah pendidikan mulai S1 sampai S3 dari dosen tersebut. (Bidang A, Pendidikan dan Pengajaran)
  2. Buat karya ilmiah serta berupa fisik jurnal dalam bentuk url ( Bidang B, Penelitian)
  3. Beri bukti dilakukan nya program pengabdian masyarakat bisa juga berupa surat tugas dari pimpinan PTS. (Bidang C, Pengabdian Kepada Masyarakat)
  4. Memiliki peran sebagai anggota kepanitiaan perguruan tinggi, seperti mengikuti seminar workshop atau pelatihan lainnya. (Bidang D, Penunjang)

Dari ke 4 syarat di atas, dosen harus mengetahui strategi yang tepat agar angka kredit yang berhasil dikumpulkan bisa lebih maksimal, Dosen juga harus tahu tugas seperti apa saja yang harus dikerjakan agar bisa maksimal dalam mendapatkan angka kredit.

Pos terkait