Pentingnya Scopus Untuk Pengajuan Lektor Kepala

  • Whatsapp

Pengajuan Lektor tidaklah mudah seorang dosen harus membuat penelitian karya ilmiah, karena pentingnya scopus di dalam penelitian. Simak penjelasan artikel ini tentang pentingnya scopus untuk pengajuan lektor kepala.

Sebuah proses bagi dosen untuk penelitian jurnal terindeks scopus tidaklah mudah terlebih lagi jika ingin terdaftar di dalam kategori kuartil satu ataupun kuartil dua, harus mempunyai kualitas lebih tinggi lagi dari penelitian sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Sebab tidak heran jika ada seorang dosen yang sudah lama mempunyai gelar doktor namun belum mendapatkan gelar sebagai profesor, mengapa ? karena jurnal dosen tersebut belum memenuhi target dari jumlah point yang ada.

Membuat penelitian harus dengan kualitas yang lebih tinggi agar penelitian yang kita buat menjadi lebih menarik.

Pada artikel ini menjelaskan istilah quartil dalam scopus ada beberapa penilaian jurnal yakni Q1,Q2,Q3 dan Q4.

Selain itu scopus berisi tentang kumpulan literatur terbesar berbasis data di dunia dan banyak kutipan dari penelitian yang telah di telaah.

Jika pendidik tidak bisa mencapai point dalam penelitian atau kegiatan lain, sertifikat tidak akan diberikan kepada tenaga pendidik.

Ada beberapa lembaga pengindeks jurnal internasional terkemuka menjadi fokus perhatian, karena banyak dosen riset berlomba memasukan publikasinya kedalam indeks scopus.

Baca Juga Artikel Lainnya : Langkah Awal Jenjang Karin Dosen

Tips Jurnal Terindeks Scopus

Scopus adalah salah satu database ilmiah yang terkemuka di dunia, scopus mulai diperkenalkan ke masyarakat luas tahun 2004.

Scopus biasanya bersaing dengan ketat dengan Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomsom Reuters yang juga menjadi pusat data terbesar dunia.

Ketatnya persaingan supaya mendapatkan lisensi dari scopus membuat dosen atau penulis jurnal harus benar-benar memperhaikan secara detail tentang penelitian. Berikut tips jurnal terindeks scopus

  1. Mengetahui Sasaran Pasar

Sebelum menulis jurnal sebaiknya pikirkan dahulu untuk siapa dan tujuan nya apa ?

dari sanalah kemudian kita akan menemukan sasaran pasar jurnal yang tepat.

2. Membuat Naskah Jurnal Yang Bagus

Membuat naskah jurnal yang baik akan memudahkan pembaca dalam memahami isinya, hal penting dalam pembuatan naskah jurnal yaitu dengan koten dan presentasi.

Jika sudah memiliki manfaat yang tinggi, tulislah dalam bentuk artikel semenarik mungkin.

3. Latihan Menulis Jurnal

Perlu anda ketahui bahwa menulis jurnal tidak seperti menulis artikel biasa atau buku harian, menulis jurnal memerlukan keahlian menulis yang baik, setidaknya bisa memilih kata-kata yang pas, tidak bertele-tele dan yang terpenting mudah dipahami.

Apabila kalian sudah terbiasa menulis jurnal maka akan semakin banyak paper yang ada terima di jurnal bereputasi, selain itu kesempatan untuk mendapatkan ide-ide dalam menulis juga semakin terbuka.

4. Buatlah Tulisan Yang Mudah

Jurnal nasional yang anda publikasikan tidak melulu tentang sains, teknologi canggih saja, tetapi kalian juga bisa menulis jurnal yang berkaitan dengan invoasi-inovasi.

namun kalian juga perlu mengetahui bahwa yang memiliki peluang tertinggi untuk publised adalah yang pertama menulis tentang sesuatu.

5. Membuat Pembaca Lebih Tertarik Dengan Jurnal Kalian

Membuat pembaca tertarik membaca jurnal adalah hal yang sangat penting. apalagi jurnal scopus , pembaca jurnal adalah koreksi terbaik karena tidak ada pembaca jurnal yang lebih teliti dari pembaca.

Lebih menarik lagi jika jurnal yang kita buat menggunakan referensi dari hasil penelitian pembaca.

6. Sejauh Mungkin Menghindari Plagiarisme

Apapun yang kalian tulis, jangan sampai hasil plagiat atau copy paste, sebaik apapun kalian tulis jika hasil dari copy paste karya orang lain pasti tidak akan mendapatkan apresiasi.

Makadari itu sebaik mungkin hindarilah tindakan tersebut.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya scopus untuk pengajuan lektor kepala.

Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat penelitian jurnal internasional scopus.

Pos terkait